Pengertian 5R (Ringkas Rapi Resik Rawat Rajin)

Bisajadi.my.id – Belajar mengenai 5R/5S merupakan hal yang sangat penting saat ini bagi setiap individu yang menginginkan nilai lebih saat akan mencari kerja. Jika individu memahami pengertian 5R/5S, pasti akan menjadi point lebih bagi individu itu sendiri.

Dalam suatu lingkungan industri, untuk menjaga pekerjaan agar tetap nyaman dan kondusif maka perlu dilakukan penataan area kerja yang benar. Penataan tersebut dikenal dengan manajemen 5R.

5R adalah suatu konsep yang digunakan untuk menata lingkungan kerja agar rapi dan bersih. 5R merupakan singkatan dari ringkas, rapi, resik, rawat, rajin. Konsep 5R diambil dari bahasa Jepang, yaitu 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke).

Dalam mengelola 5R di lingkungan kerja, harus dilakukan secara berurutan dan benar. Berikut ini adalah urutan dari penerapan 5R :

Ringkas

Ringkas artinya memisahkan barang yang masih digunakan dengan barang yang sudah tidak digunakan. Tujuan dari ringkas adalah agar barang yang sudah tidak digunakan tidak tercampur dengan barang yang masih digunakan, sehingga bisa menyulitkan pekerjaan.

Rapi

Rapi artinya menata barang – barang yang masih digunakan dalam bekerja. Rapi merupakan kelanjutan dari tahap ringkas. Setelah barang – barang yang sudah tidak digunakan dipisahkan dengan barang – barang yang masih digunakan. Selanjutnya barang – barang yang masih digunakan akan ditata untuk dirapikan agar mempermudah dalam pengambilan barang saat diperlukan.

Resik

Resik artinya membersihkan barang – barang dari kotoran dan debu yang menempel. Barang – barang yang sudah tertata rapi akan dibersihkan agar tetap terawat. Tujuan dari tahap resik ini adalah untuk menjaga agar barang – barang dan peralatan tetap terjaga dan terawat dari ancaman kerusakan.

Rawat

Rawat artinya merawat konsep 3R yang sudah dijalankan sebelumnya (ringkas, rapi, resik). Pada tahap rawat ini, bisa dilakukan dengan memberikan standarisasi penanganan 3R, seperti pemberian identitas nama tempat barang yang sudah tidak digunakan dengan yang masih digunakan, pemberian identitas alat – alat kebersihan, dan sebagainya. Tujuan dari tahap rawat ini adalah untuk menjaga agar program 3R tetap berjalan sesuai dengan harapan.

Rajin

Rajin artinya membiasakan diri untuk memelihara konsep 4R yang sudah dijalankan sebelumnya (ringkas, rapi, resik, rawat). Tujuan dari tahap rajin ini yaitu agar membangun kesadaran para karyawan untuk selalu melaksanakan program 4R tanpa adanya perintah sekalipun. Dengan membiasakan diri, maka akan membentuk karakter disiplin dalam menerapkan 4R sebelumnya.

Tinggalkan komentar