Pengertian Rawat Dalam Konsep 5R

Bisajadi.my.id – Seperti yang kita tahu, 5R terdiri dari Ringkas, Resik, Rapih, Rawat, Rajin. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan pengertian rawat dalam konsep 5R. Yuk mari kita bahas tentang Rawat dalam 5R

Konsep 5R

Konsep 5R adalah suatu metode yang digunakan untuk memperbaiki lingkungan kerja agar menjadi lebih teratur dan kondusif untuk bekerja. Pada penerapannya, 5R harus dilakukan secara berurutan agar hasil yang diperoleh dalam penataan lingkungan kerja menjadi maksimal.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian ringkas, rapi, dan resik dalam konsep 5R. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian “rawat” dalam konsep 5R. Apa yang dimaksud dengan rawat dalam konsep 5R?

Rawat

Rawat yaitu menjaga 3R (ringkas, rapi, resik) agar tetap terlaksana di area kerja. Pada tahap rawat, kita bisa memberikan sebuah standarisasi operasional dalam merapikan dan membersihkan area kerja. Pemberian standarisasi tersebut yaitu seperti prosedur (SOP) yang tertempel di tiap – tiap mesin produksi sebagai pengingat operator untuk melaksanakan 3R (ringkas, rapi, resik). Contohnya seperti bagaimana cara memisahkan hasil proses Scrap dengan hasil yang oke, bagaimana cara merapikan peralatan produksi, serta bagaimana cara membersihkan peralatan produksi di area produksi.

Selain pemberian prosedur, kita juga bisa menambahkan nama identitas di setiap peralatan kerja. Nama identitas tersebut berguna untuk memudahkan pekerja dalam menggunakan peralatan kerjanya. Dengan adanya nama identitas untuk penempatan barang, akan mempercepat kinerja operator. Karena semua peralatan yang dibutuhkan tinggal diambil sesuai dengan identitas yang tertera di tempatnya.

Demikian penjelasan mengenai Rawat pada 5R, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang ingin ditanyakan jangan ragu untuk bertanya dikolom komentar. Terima Kasih

Tinggalkan komentar